Skip to content

Street Attraction?

Semua tempat adalah panggung. Semua atraksi itu memikat. Bayangkan kota kamu itu sebuah panggung raksasa. Apa atraksi kreatif yang berani kita lakukan?

Ada yang menyebutnya demonstrasi. Segerombolan orang berkumpul memperjuangkan aspirasinya. Mereka membawa spanduk, poster, selebaran dan peralatan lainnya. Mereka berada di jalan atau publik lainnya selama 2 – 3 jam, bahkan tak jarang seharian. Tak jarang bikin macet. Pengguna jalan pun mengumpat.

Ada yang menyebutnya promosi. Beberapa orang berdiri di perempatan jalan besar. Mereka bawa spanduk dan sering pake kostum yang aneh-aneh. Tujuan mereka mempromosikan atau bahkan menjual produk mereka kepada pengguna jalan.

Kami menyebutnya sebagai atraksi jalanan (street attraction). Atraksi yang praktis, cepat, mendidik dan memikat. Tujuannya mempromosikan kreativitas kepada semua orang, penghuni kota. Mempromosikan berbagai isu-isu yang akan membentuk masa depan kita, sebagai kota kreatif.

Bayangkan apabila kota kamu adalah panggung raksasa. Panggung pagelaran beragam atraksi kreatif. Apa yang berani kamu atau komunitas kamu lakukan, apabila anda mendapat kesempatan tampil selama 3 – 5 menit? Seberapa “WOW” komunitasmu?

Tantangan bagi orang berjiwa muda, beda dan berbahaya adalah bagaimana menampilkan atraksi yang singkat, praktis, mendidik dan memikat. Atraksi yang menampilkan keunikan setiap komunitas. Atraksi yang mengajak penghuni kota untuk hidup lebih baik. Atraksi yang mengajak setiap orang untuk kreatif. Kreativitaslah yang bisa menyelamatkan negeri ini.

  1. Atraksi ini harus singkat, karena kita tidak ingin mengganggu kepentingan banyak orang
  2. Atraksi ini harus praktis, karena sebanyak mungkin orang bisa meluangkan waktu untuk berpartisipasi
  3. Atraksi ini harus mendidik, karena kita ingin penghuni kota menjadi kaya wawasannya dan bergaya hidup keatif
  4. Atraksi ini harus memikat, karena kita ingin menghibur orang secara massal

Bagaimana contohnya atraksi yang singkat, praktis, mendidik dan memikat? Di sebuah kota, ada segerombolan orang yang membekukan stasiun. Atraksi diumumkan melalui FB, twitter, blog, milis dll. Orang pada datang di suatu tempat, briefing singkat. Terus masuk stasiun. Dengan suatu kode, tiba-tiba ratusan orang berhenti bergerak serempak. Mereka membeku. Orang-orang terpesona. Ada yang ikut membeku. Ada yang tersenyum. Ada yang bertanya. Setelah 2 – 3 menit, mereka yang membeku menjadi cair, bergerak kembali seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Dan hadirin bertepuk tangan mengapresiasi. (lihat disini videonya)

Apa atraksi komunitasmu?

Sebagai salah satu komunitas yang hidup di Surabaya, agen-agen berbahaya (http://berbahaya.org/) akan melakukan street attraction pada Jumat, 7 Mei 2010. Pukul 16.00-an. Balai Pemuda ya?

Ini street attraction kami. Kami yakin komunitas lain di Surabaya bisa membuat atraksi yang jauh lebih memikat.

Sumber: http://berbahaya.org/?page=news-detail&id=21

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: