Skip to content

“Action!!”

Versi Ringkas Artikel ini Dimuat di Harian Kompas Jawa Timur hari Selasa, 26 Mei 2009

Imagining, learning and creating for life

Apakah anda pernah mendengar “change or die” atau “tiada yang kekal selain perubahan itu sendiri”? Mungkin sering diantara mendengar slogan-slogan tersebut. Tapi Anda tidak perlu mengingat slogan-slogan itu. Percayalah anda tidak usah menyimpan slogan itu dalam benak anda. Slogan itu banyak diucapkan tetapi tidak dilakukan. Perubahan tetap tidak banyak perhatian. Perubahan hanya sesekali diingat ketika organisasi mengalami krisis. Ketika ditengah krisis yang beresiko kematian maka perubahan baru menjadi pilihan.

Padahal perubahan adalah sesuatu yang alami. Dari waktu ke waktu, manusia dan sistem manusia (baca: organisasi) selalu berkembang. Entah sadar atau tidak, mau atau tidak, diam atau bergerak, mereka akan terus berkembang dan berubah. Menafikkan apa yang terjadi sesungguhnya hanya menipu diri sendiri. Ibarat berusaha menyamarkan uban yang terus bertambah banyak di rambut kita. Ada saatnya perubahan dan dampaknya tidak akan bisa kita tutup-tutupi lagi.

Coba kita perhatikan beberapa fakta berikut ini. Berapa usia rata-rata organisasi bisnis? Cobalah tebak. Sebagai informasi, usia rata-rata hidup orang indonesia, terendah di ASEAN, itu berkisar 65-an tahun. Arie De Geuss dalam bukunya The Living Company menyebutkan rata-rata umur perusahaan multinasional di Jepang dan Eropa adalah 45 tahun. Lebih rendah dari rata-rata usia harapan hidup orang Indonesia. Lebih ironis lagi, kalau data seluruh perusahaan di Jepang dan Eropa diperhitungkan maka rata-rata umur perusahaan adalah 12,5 tahun.

Kebanyakan organisasi didesain untuk menjalankan misi secara optimal pada saat ini l. Dan betul. Banyak organisasi yang bisa dikategorikan sebagai perusahaan dengan kinerja puncak saat ini (top performer). Tapi apa yang terjadi dalam 10 tahun terakhir? Masih ingat skandal Enron 2001? Atau yang lebih segar dalam ingatan, Lehman Brothers? Siapa yang tidak percaya dengan jaminan Lehman Brothers, yang juga didukung dengan peringkat AAA yang diberikan Standard & Poor’s, lembaga pemeringkat terkenal itu? Itulah kisah para “top performer”. Kebanyakan organisasi didesain untuk sukses dalam lingkungan eksternal yang ada saat ini. Sambil lupa bahwa masa depan bukanlah pengulangan masa lalu dan masa kini.

Dalam kenyataannya, lingkungan eksternal terus berubah. Pada sisi, teknologi informasi yang menempatkan kita dalam sebuah dunia yang datar (the world is flat). Sumber daya alam yang terus menipis. Lejitan kesadaran akan pemanasan global. Kesadaran warga negara dan konsumen yang terus meningkat dan kritis. Perubahan keadaan sosial politik baik global, regional, nasional maupun daerah.

Perubahan lingkungan eksternal tidak hanya berpengaruh pada organisasi bisnis, tetapi juga pada organisasi publik. Semakin deras tuntutan pada organisasi publik untuk memberikan layanan yang bermutu. Organisasi yang bergerak di bidang komunitas dituntut lebih inovatif dalam mengelola perubahan sosial. Organisasi pendidikan tak lepas pula dari tuntutan memberikan kualitas pendidikan yang unggul. Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, upaya kita menjalankan reformasi birokrasi masih tak beranjak jauh.

Pada sisi internal organisasi, kita sering mendengar bagaimana isu personal development didengungkan. Individu dituntut atau difasilitasi untuk mengembangkan sisi terbaiknya. Bahkan beberapa organisasi, mengalokasikan anggaran khusus untuk pengembangan karyawannya. Tapi banyak organisasi masih belum sensitif akan kebutuhan perubahan dan pengembangan organisasi. Sekarang bayangkan seorang pemain bola yang terus diasah kemampuannya dan berada pada klub yang tidak berkembang. Ketidakselarasan ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada sisi personal. Sudah seharusnya kita menselaraskan pengembangan personal dengan perubahan dan pengembangan organisasi.

Dari sisi eksternal maupun sisi internal, kita melihat bahwa semakin besar kebutuhan organisasi akan pengetahuan praktis mengenai perubahan dan pengembangan organisasi. Semakin besar kebutuhan akan lahirnya para praktisi perubahan dan pengembangan organisasi.

Berpijak pada semangat kepahlawanan Kota Surabaya, semangat kepeloporan dan keteladanan, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mempersembahkan sebuah tradisi dan sebuah program studi yang merupakan solusi inovatif kami akan kebutuhan masyarakat dan bangsa Indonesia. Shared Learning: Organizational Development in Action yang akan rutin diadakan setiap tahun dan Magister Perubahan dan Pengembangan Organisasi (MPPO). Sebuah program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Shared Learning adalah tradisi tahunan yang ingin kami bangun untuk memfasilitasi interaksi antara praktisi dan mengkreasikan pengetahuan praktis tentang perubahan dan pengembangan organisasi. Pidato para pembicara akan di videokan dan disebarluaskan kepada masyarakat secara cuma. Upaya kami sebagai bagian mendidik kita semua agar lebih terampil melakukan perubahan dan pengembangan organisasi.

MPPO ditujukan bagi para praktisi yang telah bekerja. Oleh karena itu, semua program dan aktivitas MPPO di desain sedemikian agar sesuai dengan kebutuhan dan keadaan para praktisi. Kuliah MPPO akan di lakukan pada hari sabtu – minggu dan pembelajaran akan didukung dengan DigiLearning, distance learning software. DigiLearning memungkinan para peserta MPPO dapat berdialog dengan seluruh pengajar dari mana saja dan kapan saja. Sebagaimana tujuanya mendidik praktisi maka sebagian besar pengajar MPPO adalah praktisi yang teruji di lapangan.

Kami mengajak semua pihak berimajinasi tentang kehidupan yang di idealkan, mempelajari pengetahuan yang dibutuhkan dan menciptakan karya yang berdampak positif pada kehidupan. Imagining, learning and creating for life.

Ketua Tim Promosi MPPO

Budi Setiawan, M.Psi

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: