Skip to content

Kurikulum MPPO


Kurikulum MPPO (Magister Perubahan dan Pengembangan Organisasi) terbagi menjadi 5 blok yang masing-masing fokus pada pencapaian kompetensi tertentu.

  1. Blok pertama fokus pada pengembangan kompetensi pembelajaran peserta MPPO. Peserta MPPO akan belajar bagaimana cara belajar sehingga dapat menemukan cara belajar yang paling efektif bagi dirinya. Cara belajar yang akan digunakan dalam mengikuti pendidikan MPPO. Dalam blok ini terdapat mata kuliah, study skill (18 jam), action research method (12 jam), psikologi industri & organisasi (12 jam), dan teori organisasi (12 jam).
  2. Blok kedua fokus pada pengembangan kompetensi personal dan kompetensi interpersonal. Harapanya peserta menjadi seorang yang telah matang sebagai pemimpin, menerima kelebihan dan kelemahan diri. Kematangan yang menjadi faktor kunci ketika terlibat dalam proses perubahan dan pengembangan organisasi. Mata kuliah yang ada pada blok ini adalah Pengenalan Diri (4 sks), Dasar-dasar Appreciative Inquiry (4 sks), Psikologi Perubahan Organisasi (3 sks), dan Kepemimpinan Resonan (3 sks)
  3. Blok ketiga fokus pada pengembangan kompetensi analisis dan kompetensi organisasi. Peserta MPPO akan diajak menggunakan cara berpikir sistem dalam memandang organisasi secara makro maupun secara mikro. Dengan demikian, diharapkan dapat memahami dan menyusun profil organisasi secara komprehensif dan holistik. Blok ini terdiri dari mata kuliah Berpikir sistem dalam mencapai tujuan strategis organisasi (3 sks), perilaku organisasi (3 sks), manajemen strategis (3 sks), dan desain organisasi (3 sks)
  4. Blok keempat fokus pada pengembangan kompetensi tindakan. Pada blok ini, peserta MPPO akan mendesain sebuah intervensi yang inovatif berbasis pada profil organisasi yang telah dihasilkan pada blok sebelumnya. Setelah itu, mahasiswa akan lebih banyak melakukan praktek baik pada level individu (coaching), level kelompok (fasilitation skill) maupun organisasi (consultation skill). Blok ini terdiri dari mata kuliah Perubahan Keseluruhan Sistem (whole system) (3 sks), Keterampilan Konsultasi (3 sks), Keterampilang Coaching (3 sks), dan Keterampilan Fasilitasi (3 sks).
  5. Blok kelima fokus pada integrasi seluruh kompetensi. Peserta MPPO akan mendesain dan menyusun tesis dengan menggunakan seluruh pengetahuan, sikap dan kemampuan yang telah dikuasai

Program yang terdiri dari 46 SKS ini dapat diselesaikan dalam waktu 16 bulan.

Email tentang Kurikulum MPPO

Imagining, Learning and Creating for Life

Salam Damai,
MPPO merupakan kreasi baru fakultas psikologi untuk menjawab tantangan keorganisasian di Indonesia. MPPO berbicara tentang pengetahuan praktis keorganisasian terutama perubahan dan perkembanganya.

Bu Heriati Gunawan (dahulu ddi, kemudian indofood, permata bank, sekarang change management specialist di shell asia pasific), adalah lulusan MPOD case western angkatan pertama, orang indonesia pertama, 3 orang asia pertama, memang menjadi pengajar MPPO. untuk 3 mata kuliah, dasar-dasar appreciative inquiry (4 sks), desain organisasi (3 sks) dan perubahan keseluruhan sistem (3 sks). Tetapi lebih dari itu, beliau terlibat sejak diskusi-diskusi ide awal MPPO. Kami, departemen pio, fakultas psikologi unair, intensi diskusi baik internal maupun dengan kalangan praktisi sejak lebih dari setahun yang lalu.

Kurikulum MPPO berbeda dengan kurikulum MPOD Case Western secara materi rincinya. Bagaimanapun, ada perbedaan keragaman kekuatan/modal dasaryang dimiliki. Akan tetapi, bisa dikatakan kurikulum MPPO dan MPOD mempunyai spirit dan alur berpikir yang serupa.

Sistem blok dibuat agar peserta dan pengajar mempunyai suatu kerangka bersama untuk mengintegrasikan pengetahuan-pengetahuan yang dipelajari di MPPO. Sistem blok menerangkan bagaiana materi sebuah mata kuliah terkait dengan materi mata kuliah lain dalam blok yang sama, maupun dengan blok yang berbeda.

Mengenai kebutuhan kalangan praktisi, MPPO menyelenggarakan perkuliahan pada hari sabtu dan minggu. Jadi secara praktis bisa dikatakan, MPPO adalah sebuah training berkelanjutan selama 16 bulan. Selain itu, untuk memperkuat intensi komunikasi antara peserta dengan peserta dan dengan pengajar, kami tengah menyiapkan software e-learning. Mengingat banyak pengajar yang berdomisili berjauhan. Sebagai informasi, Bu Ria dalam mengajar MPPO akan melakukan perjalanan Kuala Lumpur – Surabaya pulang pergi.

Demikian sekilas informasi tentang MPPO.
Tengkyu atas pertanyaan dan tanggapanya. Monggo kalau ada pertanyaan atau tanggapan lain

Budi Setiawan

http://fpsi.unair.ac.id/
https://bukik.wordpress.com
PIN BB: 25222123
SMS: 0856 306 99 72
FB: bukikpsi@gmail.com

Dear Bukik,
apakah sudah ada kerjasama dengan case western? salah satu pengajar MPPO nanti ada yg lulusan case western ya? Heriati Gunawan, M.POD? apakah kurikulumnya sama dengan yg di case western?

aku terus terang pengin ambil program MPOD sejak 2 tahun lalu, format kuliahnya yg sistem blok kayaknya yg paling cocok dengan kesibukanku sekarang.. ada masukan?

thanks bro atas responsnya..

Tabik,
Ahmad faiz

Ingin tahu lebih lanjut tentang MPPO, silahkah klik disini

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: